• The Thinker

    Mengundang Anak Yatim ke Rumah

    Mengundang Anak Yatim ke Rumah Sebuah adab dan etika   “Sebaik-baik rumah kaum Muslimin ialah rumah yang terdapat di dalamnya anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan seburuk-buruk rumah kaum Muslimin ialah rumah yang didalamnya terdapat anak yatim tapi anak itu diperlakukan dengan huruk” (HR Ibnu Majah)  

  • The Thinker

    Kenapa Nabi Muhammad SAW Tidak Boleh Digambar?

    Setiap umat muslim memahami kenapa Nabi Muhammad ﷺ tidak dibolehkan diilustrasikan, hal inilah yang membuat beberapa orang nonmuslim merasa tersinggung dan terganggu sebagai bentuk kebebasan dalam berekspresi sebagai suatu karya seni, kepentingan media ataupun entertainment. Berbeda dengan Yesus yang digambarkan oleh seniman-seniman seperti Micheal Angelo, Leonardo da Vinci,  di gereja-gereja tua di Eropa, gambar Yesus sendiri digunakan untuk pengajaran, pembuatan film, patung, atau bahkan digunakan sebagai patung pemujaan.

  • Facebook,  The Thinker

    Bantahan QS Maryam tentang Yesus adalah Jelmaan Allah

      Karena saya seorang muslim maka saya akan mencoba menjawab; DEBAT SOSIOLOGIC AGAMA Topik : Berdasarkan Alquran, Jesus Tuhan atau Bukan? Prolog : 1. Menurut Alquran, Jesus (Isa) adalah roh Allah yg menjelma menjadi manusia. Bukankah ini menegaskan bhw Jesus adalah Tuhan? Logika theologinya adalah : Dapatkah Allah dan Roh Nya dipisahkan? Bukankah ini sebuah kesatuan dan sesuai dgn ke’ESA’an Tuhan? 2. Alquran juga menyatakan bhw Jesus adalah Kalimatullah atau Firman Allah, sama spt apa yg tertulis di Alkitab. Dengan apa alam semesta ini diciptakan? Bukankah dengan Kalimat atau Firman? Dapatkah semua diciptakan tanpa Firman atau Kalimat Allah? Tentu tidak! Bila alam semesta ini diciptakan oleh Firman, pertanyaannya adalah :…

  • Curhat,  The Thinker

    Pencarian Tuhan – Sebuah Intro

    وَلاَ يَزَالُونَ يُقَاتِلُونَكُمْ حَتَّىَ يَرُدُّوكُمْ عَن دِينِكُمْ إِنِ اسْتَطَاعُواْ وَمَن يَرْتَدِدْ مِنكُمْ عَن دِينِهِ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُوْلَـئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَأُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ“ Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup. Barangsiapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. “ ( Qs Al Baqarah : 217)

  • The Thinker

    Darimana Agamamu? (Part II)

    Tidak Menemukan Jawaban yang Memuaskan Pertanyaan paman saya itu terus menghantui pikiran saya, akhirnya saya mencoba untuk curhat kepada teman, kebanyakan mereka menuduh saya murtad, telah keluar dari Islam. Kebanyakan dari mereka takut dengan pertanyaan saya, sebagian dari mereka memilih untuk menjauh atau meninggalkan pembicaraan. Beberapa teman lain mencoba menasehati untuk tidak berpikir terlalu jauh.

  • The Thinker

    Darimana Agamamu? (Part I)

    Sekitar tahun 1980an (mungkin sekitar tahun 1988-1989), paman saya mengajukan sebuah pertanyaan yang cukup mengguncang iman, kejadian itu cukup membekas dipikiranku sampai saat ini. Bagaimana bila yang terjadi di akhirat nanti ternyata agama yang benar justru bukan Islam?