The Thinker

Lamakanlah Sujud Itu…

Di dalam kehidupan sehari-hari kadang kita merendahkan diri dengan sedikit membungkukan badan atau kepala ketika bersalaman atau berhadapan dengan orang-orang yang kita anggap lebih tinggi kedudukannya, atau dengan orang-orang yang kita hormati.

Sholat merupakan bentuk ekspresi manusia yang hakiki dalam menyembah Allah SWT, sholat juga merupakan perwujudan yang nyata pengagungan kebesaran Tuhan yang Maha Esa seperti yang pernah dilakukan sejak jaman Nabi Ibrahim AS.

Apakah kita tidak berpikir, kenapa kita harus menundukkan kepala kita ketika bertemu (bersalaman) dengan Presiden? Kenapa kita harus menundukkan kepala kala bertemu dengan seorang Jenderal? Kenapa kita harus tersenyum sambil menundukkan kepala ketika bertemu dengan bos di tempat kita bekerja? Kenapa kita mesti menundukkan kepala ketika bersalaman dengan kepala sekolah atau dengan orang tua kita sendiri?

Subhanallah, apakah kita jujur dalam diri kita bersujud bersimpuh di hadapan Allah SWT yang telah menciptakan langit beserta dengan segala isinya? Kenapa kita harus segera bangun dengan cepat ketika doa sujud selesai dibacakan? Kenapa kita begitu enggan untuk bersimpuh lebih lama di hadapan Tuhan dibandingkan orang-orang yang kita hormati seperti yang tersebut di atas? Maka perbanyaklah bersimpuh kepadanya!

30 Desember 2008

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website Pikirdong. Pernah mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan di STAIN Malikussaleh, kini bekerja lepas sebagai desainer dan photographer

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of