Curhat

8 Tahun Pikirdong

Aisshh, akhirnya jadi memperpanjang domain www.pikirdong.org kembali, setelah beberapa bulan lalu sempat saya memutuskan untuk tidak memperpanjang domain ini lagi. Delapan tahun sudah website www.pikirdong.org tetap saya pertahankan meskipun sebenarnya tidak sesuai dengan keinginan saya dari awal. Akan tetapi kehadiran beberapa teman yang ikut membantu dan menyumbang artikel membangkitkan semangat untuk terus eksis menulis artikel psikologi.

Tidak ada hal yang menggembirakan di usia 8 tahun website Pikirdong, seiring bertambah usia beberapa teman pun semakin surut dan mulai disibukan dengan kegiatan masing-masing. Pikirdongpun mulai terbengkalai. Kehilangan gairah dan tenaga seiring bertambah usianya, semakin renta dimakan waktu.

 

Rusak Database.

Sekitar 4 tahun lalu, saya menanamkan hosting domain Pikirdong di sebuah penyedia hosting di Indonesia, awalnya host tersebut baik baik saja. Mungkin pada tahun tahun itu saya masih menggunakan web statis html sehingga tidak terjadi gangguan server apa pun. Namun setelah saya beralih ke site dinamis CMS Joomla, mulai terjadi gangguan. Hampir setiap hari terjadi server crash yang mengakibatkan beberapa data artikel tidak bisa diakses. Parahnya dalam seminggu website tidak bisa di akses tanpa ada kompensasi apapun dari pihak CS penyedia hosting. Waktu itu jumlah artikel telah mencapai 400 artikel yang saya upload langsung tanpa ada back up. Saya kehilangan akal, saya mencoba mendonload file database, namun lagi lagi saya tidak bisa mengakses halaman control panel.

Beberapa hari kemudian, saya menunggu moment yang tepat untuk mendonwload semua file yang saya telah upload, hari itu saya hanya berhasil mendonwload database, senang rasanya. Lalu melakukan pemindahan transfer domain ke penyedia hosting luar, saya memilih GoDaddy. Saya menghapus semua file yang ada sebelumnya dengan berharap database yang telah saya download sebelumnya dapat dipakai di host baru. Ternyata file tersebut hanya bisa tersimpan 50% artikel, selebihnya artikel itu hilang tanpa bekas. Lemas sudah.

Kini 3 tahun sudah website Pikirdong berada di host di luar Indonesia, sampai saat ini saya tidak pernah mengalami masalah yang sebelumnya saya alami. Namun, pengalaman sebelumnya cukup berarti, pentingnya kita memback up semua data kita. Pikirdong telah kehilangan 100 lebih artikel, inilah yang membuat saya benar-benar merasa kehilangan.

 

Delapan tahun Pikirdong.

Alhamdulillah, website ini masih bisa saya pertahankan, meski jumlah visitor jauh jumlah dari 5-6 tahun sebelumnya, kini relatif sepi, akan tetapi hanya sub domain saja yang mempunya jumlah visit yang lebih banyak dibanding domain utamanya. Tahun ini saya menambah sub domain baru untuk forum. Hampir semua orang sepertinya mempunya tingkat malas menulis yang panjang, sama halnya dengan membaca tulisan yang panjang, sebuah epidemi dari status di media sosial :], oleh karena saya mencoba menambah elektibilitas forum semoga bermanfaat nantinya

Di usianya yang ke delapan tahun ini, kita kehilangan banyak penulis dan konselor. Mungkinkah nanti akan bangkit generasi setelahnya untuk bergabung bersama membangun komunitas yang peduli akan sebuah kehidupan yang labih baik, bermanfaat untuk orang lain dan sebagai wadah pengembangan disiplin ilmunya. Terimakasih atas semua dukungan dari teman-teman semuanya.

 

Salam hormat,

 

Sayed Muhammad

 

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website Pikirdong. Pernah mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan di STAIN Malikussaleh, kini bekerja lepas sebagai desainer dan photographer

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of