Status

Sudah Tahu Belum? Semua Aktivitas Anda telah direkam di Internet!

Ketika saya memasuki kota Medan (kami berangkat dari Aceh) dengan menggunakan Google map, saya mendapat SMS yang isinya sebuah promo makanan sebesar 50% beberapa menit kemudian. Selama di Aceh tidak pernah sekalipun saya menerima sms seperti itu, ya karena resto itu memang tidak pernah ada di Aceh. Saya heran, bagaimana SMS itu tahu kalo saya sedang berada di kota Medan? Jadi SMS itu tidak dikirim secara acak, melainkan memang sudah menjadi “target” pasar.

Ketika saya saya bilang sama teman saya bahwa kita telah dimata-matai, teman saya tertawa terbahak-bahak mengatai saya telah gila, kampungan dan juga bodoh barangkali. Kecurigaan saya ternyata benar, Google dan Facebook telah memiliki data tentang semua aktivitas kita di internat, bahkan beberapa kemungkinan apa yang sedang dan rencana yang akan kita lakukan ke depannya, sesuatu yang kita sukai, bahkan kemungkinan berat badan, usia, gender, agama (berdasarkan biodata yang Anda isi), kemana Anda menghabiskan perjalanan liburan atau perjalanan, hotel yang Anda gunakan, atau bahkan kemungkinan besarnya pendapatan yang Anda miliki!

Beberapa aktivitas Anda yang tercatat selama tersambung ke internet

1. Google

  • Google tahu darimana Anda saja berpergian: Check disini aktivitas Anda
  • Google tahu segala apa saja yang Anda cari di internet atau yang Anda delete. Ngeri ah, kaya catatan dosa saja kalo pernah surfing yang aneh-aneh di internet, hehehehe. Check disini.
  • Google akan memasang iklan kepada Anda berdasrkan keinginan dan kebutuhan Anda sesuai dengan data-data yang mereka peroleh melalui biodata atau pencarian melalui halaman searching. Check disini info tersebut.
  • Google mengetahui semua jenis apps yang diinstall di smartphone Anda. Check disini.
  • Google memiliki semua data apa yang Anda tonton melalui Youtube. Lihat disini.
  • Google memiliki arsip segala sesuatu yang menyangkut aktivitas Anda berupa tulisan, download, data-data lain berupa dokumen atau upload file yang memiliki koneksitas dengan fasilitas yang ada di Google. Info check disini.

2. Facebook

  • Facebook memiliki semua data yang tersimpan di message berupa word document baik yang telah Anda kirim atau tidak, semua data dan nomor contact sahabat Anda, serta video atau audio. Check disini dan download apa saja Facebook menyimpan data Anda.
  • Facebook kemungkinan memiliki akses untuk mengintip apps (atau bahkan dalam komputer) Anda.  Termasuk beberapa “ketertarikan” Anda pada website, hobby, atau topik yang sedang dibicarakan di Facebook.

Beberapa hal lainnya yang ingin Anda ketahui dapat membaca artikel Are you ready? This is all the data Facebook and Google have on you
yang ditulis oleh Dylan Curran, terimakasih kepadanya yang telah memberikan informasi ini.

Melihat apa yang dilakukan Google yang begitu mudah mengetahui semua aktivitas kita selama terkoneksi dengan internet, mengingatkan saya akan malaikat Raqib dan Atid yang disebut dalam al Quran;

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ (17) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ (18)

Wahai manusia, ingatlah ketika dua malaikat yang ditugaskan mencatat amal setiap amal manusia saling bertemu. Yang satu berada di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kirinya. Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya Raqib dan Atid.
(QS. Qaaf: 17–18).

Semua perkataan dan perbuatan akan dicatat, meskipun kita berada di internet atau tidak, maka bersikap bijaklah dalam menggunakan media sosial agar kelak dapat kita pertanggungjawabkan kepada Allah.

Facebook tidak bisa mengukur tingkat religiusitas seseorang dalam beraktivitas di internet meskipun semua data personal seseorang bisa diperolehnya dengan mudah, malaikat tidak pernah tidur, tidak perlu Anda berselfie ibadah di media sosial, biarkan ibadah kita dicatat dengan sempurna oleh malaikat, bukan tugas kita menambahnya dalam timeline religiusitas dengan like dan komentar sebagai tanda kealiman.

 

 

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website Pikirdong. Pernah mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan di STAIN Malikussaleh, kini bekerja lepas sebagai desainer dan photographer

Leave a Reply

1 Comment on "Sudah Tahu Belum? Semua Aktivitas Anda telah direkam di Internet!"

avatar
  Subscribe  
Notify of