Dunia

Menghina Tuhan Dilarang Masuk Ke Inggris

Untuk saat ini saya berpikir bahwa Inggris adalah salah satu negara yang netral dalam melihat perspektif agama. Berbeda jauh dengan US setelah Donald Trump terpilih sebagai presiden. Islamphobia terus meningkat. Berdalih sebagai demokrasi justru kini Amerika menjadi negara tendensius untuk anti kepada kulit hitam dan Islam.

Lauren Southern, salah satu penulis lepas dan aktivis media sosial ditolak masuk ke Inggris setelah kunjungan sebelumnya ditangkap dan diusir dari Inggris ketika melakukan eksperimen sosial dengan membuat spanduk bertuliskan “Allah is Gay” di Hyde Park. Dalam eksperimen itu Lauren ingin mengetahui reaksi publik terhadap spanduk tersebut, namun seorang muslim melaporkan kepada polisi terhadap aksinya itu. Ia ditangkap karena dituduh menyebarkan kebencian (hate speech) dan dideportasi ke Kanada.

Sebenarnya ada 3 orang yang juga yang mengalami nasib yang sama selain Lauren Southern; Brittany Pettibone, dan Martin Sellner dilarang masuk ke Inggris selamanya, ketiganya itu adalah aktivis media sosial atau sering disebut “alt-right” yang dianggap anti Islam. Tidak main-main, pemerintah Inggris menolak ketiganya memasuki negara itu dengan dalih keamanan dan UU anti terorisme.

Mhh, bagaimana di Indonesia?

_____

Sumber:

  • Lauren Southern denied U.K. entry: They asked me if Im a Christian extremist. Link
  • Why 3 anti-Islam activists were refused entry to the UK. Link
  • Far-right Austrian activist and his American girlfriend say they have been deported from Britain over plans to speak in Hyde Park. Link
  • Three alt-right activists banned from UK. Link
  • Canadian far right activist who claimed ‘Allah is gay’ gets lifetime ban from coming to the UK. Link

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website Pikirdong. Pernah mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan di STAIN Malikussaleh, kini bekerja lepas sebagai desainer dan photographer

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of