Dunia

Islamphobia dan Kewaspadaan Umat Muslim di Amerika Menjelang April Mop

Sebuah serangan terhadap seorang perempuan yang menggunakan hijab di US, tepatnya di rumah sakit Dearborn, Michigan menunjukkan perilaku atau gangguan kecemasasan Islamphobia adalah nyata adanya. Meskipun para ahli menolak terminologi tersebut yang beranggapan gangguan kecemasan itu tidak nyata. Adalah Khaled A. Beydoun, seorang ahli hukum dan kolumnis dari al Jazeera berusaha membuktikan “gangguan mental” itu benar ada di dalam bukunya American Islamophobia: Understanding the Roots and Rise of Fear. Buku ini rencananya akan dipublish secara resmi pada tanggal 3 april ini, namun sudah dapat diperoleh di toko-toko buku dan Amazone. Buku ini adalah buku kedua dari Khaled A. Beydoun tentang Islamphobia.

Khaled A. Beydoun berusaha menunjukkan bukti-bukti perilaku Islamphobia yang muncul sejak serangan 9/11 dan terus meningkat seiring buruknya pemberitaan media tentang Islam yang tidak seimbang. Berita-berita itu telah menumbuhkan kecemasan akut pada orang Amerika untuk membenci kepada Islam. Naiknya Donald Trump sebagai presiden Amerika telah menumbuhkan gerakan rasis, dan anti islam secara terang-terangan baik di tempat umum bahkan secara konstitusi. Akibatnya jutaan muslim di Amerika ketakutan untuk mengungkapkan identitas muslim ditempat keramaian.

Beredarnya rekaman cctv diatas telah menimbulkan kewaspadaan kepada umat Islam menjelang 1 April nanti terhadap serangan-serangan di tempat umum yang disebut sebagai April Fools’ Day (april mop). Umat muslim di Amerika dihimbau untuk tidak keluar sendirian pada tanggal tersebut sampai 3 April ke depannya.

 

Keterangan Video:

Sebuah serangan fisik dilakukan terhadap seorang wanita yang menggunakan hijab di sebuah rumah sakit Michigan. Saat ditangkap pelaku mengatakan bahwa ia hanya memberikan sebuah joke untuk perempuaan itu

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website Pikirdong. Pernah mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan di STAIN Malikussaleh, kini bekerja lepas sebagai desainer dan photographer

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of