Facebook

Facebook Melakukan Sensorship 2 jari?

Beberapa waktu lalu saya mencoba memposting sebuah gambar angka jari yang menunjukkan angka 2, namun saya gagal melakukan postingan dengan muncul tulisan dialog box error pada layar halaman Facebook. Saya berpikir koneksi saya tidak stabil, lalu saya mencoba mengupload kembali gambar tersebut, namun tetap gagal. Sebenarnya, tidak sepenuhnya gagal, Facebook berhasil membaca gambar tersebut sebagai gambar terlarang!

Gambar dua jari itu merupakan gambar populer, merupakan simbol yang sempat digunakan sebagai atribut kampanye Jokowi – Yusuf Kalla di tahun 2014 yang saya coba upload ulang menjelang pilpres 2019 nanti di bulan April. Pilpres kali ini saya tetap setia dengan pilihan angka 2. Oleh karena itulah saya kembali berniat untuk menggunakan gambar tersebut sebagai ungkapan dukungan saya terhadap calon dengan nomor urut 2. Sayang sekali, postingan itu dianggap melanggar standar komunitas Facebook, ya sudahlah kalau begitu; salam dua jari saja!

 

 

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website Pikirdong. Pernah mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan di STAIN Malikussaleh, kini bekerja lepas sebagai desainer dan photographer

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of