My Friends,  Photos

Nuzsep, Teman dan Kota Kecil Lhokseumawe

Selama hampir seperempat abad lamanya setelah lulus kuliah, belum ada sekali pun aku bertemu dengan teman kuliah lagi. Padahal beberapa diantara masih dalam satu propinsi, aku belum sempat bertemu langsung, selain kesibukan masing-masing pada pekerjaan, aku juga bukan orang mobil, bahkan sangat jarang sekali menggunakan handphone untuk berkomunikasi bila tidak perlu.

Beberapa hari ini aku mendapatkan beberapa misscall dengan wilayah kode berasal dari Malaysia, siapa pikirku? Saudara pun tidak ada di negara itu, lalu siapa dia? Ah, barangkali hanya orang yang iseng yang akhir-akhir ini pernah heboh. Ya sudahlah, lupakan saja.

Seminggu kemudian aku mendapatkan message dari Facebook kalo Ujeb (Dulu, selama kuliah di Jogja kami memanggilnya dengan sebutan itu) bahwa ia sedang berada di kota Lhokseumawe. Bingung bergejolak ingin bertemu dan antara tidak, bercampur aduk dalam pikiran. Siang itu akhirnya aku memutuskan bertemu dengan temanku itu; Ujeb, dialah seorang guru besar, pengajar program psikologi, di Fakultas Pembangunan Manusia, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia; DR. Nuzsep Almigo. Selamat datang Doktor di kota kecil Lhokseumawe!

Singkat waktu, kami akan menghabiskan waktu di tepi pantai Ujong Blang, kota Lhokseumawe. Merasakan nikmatnya mie Aceh dan es kepala muda.  kami mulai terlibat obrolan panjang diantara deburan ombak dan hembusan angin laut, namun tak terasa waktunya begitu singkat, Ujeb harus menghadri acara ditempat lain, rasanya tidak cukup waktu untuk saling berbagi dalam waktu sesingkat ini, mengobati rasa rindu masa lalu saat-saat kuliah dulu, kabar teman-teman kuliah, cerita tentang Aceh dan Kuala Lumpur, harus kami habiskan dalam 1 jam itu. Sedikit, sedikit sekali waktu yang bisa kami punya. Banyak sekali yang ingin aku ceritakan tapi waktu satu jam itu tidaklah cukup. Tidak apalah teman, mungkin suatu saat kita akan bertemu kembali, di suatu waktu, di suatu tempat, entah dimana!

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website Pikirdong. Pernah mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan di STAIN Malikussaleh, kini bekerja lepas sebagai desainer dan photographer

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of